PENDAHULUAN

1.1.          Latar Belakang

Server adalah sebuah komputer yang bertugas untuk menjalankan aplikasi,  service, ataupun layanan yang digunakan oleh  client, dimana setiap  client akan melakukan permintaan (request) ke  server  dan  server akan menanggapi dan memproses permintaan tersebut, kemudian memberikan hasil proses kembali ke  client. Untuk dapat menjalankan tugasnya,  server haruslah mempunyai kapasitas dan kemampuan yang mencukupi agar dapat melayani setiap  client  dengan sebaik mungkin. Untuk dapat melakukannya,  server harus didukung oleh  hardware  dan  software  yang baik dan berkualitas.

Server yang baik kadangkala merupakan  server yang dibuat hanya menjalankan satu tugas atau  service tertentu saja, walaupun tidak menutup kemungkinan sebuah server dibuat untuk menjalankan beberapa tugas tertentu dengan perhitungan  server tersebut masih dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan sebaik mungkin. Akan tetapi, suatu saat bisa saja muncul masalah yang menyebabkan server tidak dapat menjalankan tugasnya akibat ada tugas lainnya yang gagal atau tidak dapat  berjalan karena mengalami masalah (error), gangguan, dan sebagainya. Hal ini tentunya sangat merugikan dan juga menjadi masalah bagi sistem itu sendiri maupun bagi administrator sistem tersebut. Umumnya untuk mengatasi masalah seperti ini, dilakukan  restart keseluruhan sistem ataupun hanya  beberapa bagian sistem saja, 
dimana hal ini menyebabkan server memiliki kinerja yang tidak maksimal.

1.2.          Rumusan Masalah

1.2.1        Apakah E-mail Server itu?
1.2.2        Program-program E-mail Server?
1.2.3        Macam-macam E-mail Server?
1.2.4        Fungsi dan Pengertian dari Fitur-fitur Email server?
1.2.5        Bagaimana cara penggunaan e-mail server?

1.3.          Tujuan Penulisan

·         Untuk mengetahui pengertian e-mail server
·         Untuk mengetahui Program-program e-mail server
·         Untuk mengetahui cara penggunaan e-mail server

1.4.          Manfaat Penulisan

·         Bagi penulis:
v  Mengetahui lebih mendalam mengenai pengertian e-mail server
v  Mengetahui lebih mendalam kegunaan e-mail server
v  Dapat lebih terpacu untuk menemukan informasi – informasi penting mengenai e-mail server
·         Bagi pembaca:
v  Mengetahui pentingnya kegunaan e-mail server
v  Adanya ketertarikan lebih, bagi para pembaca untuk dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran melalui e-mail server
v  Memudahkan pembaca dalam mempraktekkan cara pemakaian e-mail server






















BAB II

PEMBAHASAN

2.1.           Pengertian Mail Server

Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP.
Anda pasti sudah sering menggunakan Mail, tapi apakah anda sudah tahu pengertian Mail Server.? Mail server bisa diartikan sebagai aplikasi yang menerima e-mail masuk dari pengguna lokal dan pengirim remote  e-mail untuk pengiriman. Mail Server juga dikenal sebagai Mail Transfer Agent (MTA) atau InternetRouter).  Sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan jenis aplikasi perangkat lunak komputer yang juga disebut Mail Server. Hal ini dianggap sebagai jantung dari setiap email system.
Setiap email yang dikirim, dibuat untuk melewati sejumlah server mail sepanjang jalan ke penerima. Tanpa rangkaian server Mail, pengguna hanya akan dapat mengirim email ke orang-orang yang alamat email domain sesuai dengan domain pengguna. Ini berarti bahwa pengguna hanya dapat mengirimkan pesan dari “xxx.com”,ke pengguna “zzz.com”. Server Mail yang menawarkan solusi lengkap  untuk semua kebutuhan sistem email  yang berhubungan dengan pengguna. Pada dasarnya di rancang dan dikembangkan untuk memenuhi persyaratan dari setiap ukuran organisasi. Layanan Mail Serber membantu dalam melindungi dalam jaringan perusahaan dari ancaman keamanan, seperti (virus dan spam).

2.2.           Program-program Email


Secara umum program atau aplikasi email diklasifikasikan menjada tiga klasifikasi yaitu:
1.       Mail Transfer Agent (MTA), Mail Delivery Agent (MDA), dan Mail User Agent (MUA) . Ketiga klasifikasi program email ini masing-masing memiliki tugas dan peran peting dalam proses pergerakan dan manajemen pesan pesan email.
2.      Mail User Agent (MUA), mengirimkan /mentransfer email antar komputer dengan menggunakan SMTP. Sebuah pesan email mungkin saja sebelum sampai ketujuan melewati beberapa SMTP server lain. Contoh aplikasi MTA yaitu :Sendmail, Postfix, qmail, exim dll.
3.      Mail Delivery Agent(MDA), bekerjasama dengan MTA untuk menagani pesan-pesan email yang datang untuk di letakkan /di distribusikan sesuai pada mailbox user masing-masing.

Di beberapa sistem , program MTA biasanya adalah program MDA juga. Di dalam beberapa kasus , MDA sebenarnya adalah sebuah Local Delivery Agent (LDA) seperti mail atau procmail.
Mail User Agent(MUA), merupakan sinonim dari aplikasi email client. Sebuah MUA adalah sebuah program yang memungkinkan user membaca dan membuat pesan-pesan email. Selain itu banyak juga beberapa MUA yang memungkinkan mendownload email melalui protokol POP atau IMAP. Beberapa contoh MUA yaitu Mozilla mail, mutt, pine, Kmail, Netscape Mail, Eudora Microsoft Outlook dll. Sebagai catatan pada tulisan ini hanya akan dijelaskan mengenai Qmail Mail
Transfer Agent(MTA) beserta program-program pendukung/tambahannya.

2.3.           Protokol layanan E-Mail

Terdapat dua protokol utama yang sering digunakan dalam layanan E-Mail :
  1. Simple Mail Transfer Protokol (SMTP)
Fungsi utama SMTP adalah menyampaikan E-Mail dari suatu host ke host lainnya dalam jaringan. Protokol ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan penyimpanan dan pengambilan E-Mail dari suatu mailbox. Service SMTP berjalan pada protokol TCP port 25, yang merupakan port standar service SMTP. Karena SMTP tidak memiliki kemampuan penyimpanan E-Mail dalam mailbox, maka diperlukan protokol lain untuk menjalankan fungsi tersebut yaitu POP3 dan IMAP. Dari sisi klien E-Mail, server SMTP merupakan sarana untuk melakukan outgoing connection atau mengirimkan pesan. Sedangkan untuk incoming connection digunakan protokol POP3.
  1. Post Office Protocol Version 3 (POP3)
Protokol POP yang banyak digunakan saat ini adalah versi 3 atau lebih dikenal sebagai POP3. Peran potokol ini adalah untuk mengambil E-Mail yang tersimpan dalam mailbox tiap user di mail server, yang biasanya juga berfungsi sekaligus sebagai SMTP server. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa SMTP tidak memiliki mekanisme penyimpanan E-Mail ke mailbox dan mendistribusikannya tiap user, sehingga protokol POP3 mengambil peran tersebut. Server POP3 menyimpan sementara E-Mail tiap user di dalam mailboxnya masing-masing sebelum akhirnya didownload oleh user bersangkutan menggunakan klien E-Mail seperti Outlook maupun Eudora. Dalam proses pengambilan tersebut klien E-Mail terhubung ke mail server menggunakan protokol POP3 yang berjalan pada TCP port 110.
Selain kedua protokol tersebut juga dikenal Internet Mail Access Protocol (IMAP) yang fungsinya mirip POP3 dengan beberapa kelebihan. Berikut akan dijelaskan fungsi dan cara kerja masing-masing protocol tersebut.

2.4.           Macam-macam dan Fungsi  Mail Server

Pada saat ini terdapat banyak mail server untuk menunjang penggunaan komputer yang saat ini semakin canggih. Ternyata pada saat ini terdapat banyak mail server yang akan saya jelaskan di bawah ini:
a.      Samba Server
Samba server merupakan implemetasi dari protokol SMB (Server Message Block) pada sistem Unix. Jika anda mengaktifkan samba pada mesin linux pada suatu jaringan komputer akan dapat berbagi file dan printer dengan Windows 95/98 atau Windows NT.
b.      FTP Server
Merupaka suatu server yang menyediakan layanan pengaksesan file dengan format seperti DOS dan File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
v  Untuk tujuan sharing data
v  Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
v  Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
v  Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

c.       DNS Server
DNS Sever bertugas menerjemahkan IP addres ke sebuah alamat nama dan begitu pula sebaliknya. Dalam layanan E-Mail server DNS berperan sebagai penunjuk jalan routing suatu E-Mail. Apabila terdapat suatu E-Mail maka server DNS akan mengecek nama domain yang terdapat pada alamat tujuan. Berdasarkan domain tujuan tersebut maka server DNS menunjukkan informasi mail exchanger (MX) record suatu domain. Selanjutnya pesan akan diteruskan ke host tujuan berdasarkan nama host yang terdapat dalam MX record, dimana host tersebut adalah server SMTP dari alamat tujuan. Pesan tersebut disimpan di mail server tujuan sampai tiba saatnya pengguna mendownload E-Mail. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.
d.      WEB Server
WEB Server itu bertugas menyediakan web yang berisi bermacam-macam web yang untuk diakses file oleh komputer-komputer yang berda dalam satu jaringandan sebagai  perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Salah satu server web yang terkenal di linux adalahApache. Apache merupakan server web antar platform yang dapat berjalan di beberapa platform seperti linux dan windows. Web Server juga merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan untuk internet. Server disebut juga dengan host. Agar anda dapat memasukkan web yang anda rancang ke dalaminternet, maka anda harus memiliki ruangan terlebih dahulu dalam internet, dan ruangan ini disediakan oleh server. Itulah yang disebut Web Server
e.       MAIL Server dan Layanan di lingkungan LAN
MAIL Server ini adalah program daemon yang bekerja menampung dan mendisstribusikan email pada suatu jaringan. Penyediaan layanan E-Mail di lingkungan LAN umumnya bertujuan untuk memudahkan koordinasi antar bagian dalam suatu organisasi. Lingkup LAN tersebut sebenarnya bisa diperluas dalam skala MAN maupun WAN, selama jaringan tersebut masih bersifat privat bagi organisasi tersebut. Penerapan E-Mail di lingkungan ini sering disebut sebagai E-Mail internal, karena tidak menggunakan jaringan publik atau internet.
f.        PROXY Server
PROXY Server menyediakan layanan untuk menerima permintaan akses data dari client lalu meneruskan ke alamat yang ditujukan, lalu menyimpan data dari data yang dikirim tersebut seperti download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.
Proxy – Teknik proxy & Proxy Server adalah teknik yang standar untuk akses Internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam sebuah Local Area Network (LAN) melalui sebuah modem atau sebuah saluran komunikasi. Istilah Proxy sendiri banyak dikenal / digunakan terutama di dunia / kalangan diplomatik. Secara sederhana proxy adalah seseorang / lembaga yang bertindak sebagai perantara atau atas nama dari orang lain / lembaga / negara lain.

2.5.           Program dan Fitur-Fitur Email yang didukung

Tersedia berbagai cara untuk mengakses account e-mail. Cara yang paling umum adalah menggunakan Outlook Web App atau versi Microsoft Office Outlook terinstal, maupun Microsoft Entourage. Program tersebut memberikan akses e-mail dan beberapa fitur kolaborasi lainnya. Selain program ini, Anda dapat tersambung ke account e-mail menggunakan Outlook Voice Access, variasi program e-mail lain, dan ponsel.
1.      Menyambung ke Account E-Mail
Gambar berikut menunjukkan beberapa cara tersambung ke account e-mail.
Cara yang digunakan untuk tersambung ke kotak pesan.
Daftar berikut memberikan informasi lebih lanjut tentang setiap metode sambungan :
v  Browser Web   Gunakan Outlook Web App dan versi sederhana Outlook Web App dengan browser seperti InternetExplorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Apple Safari.
v  Program e-mail Internet   Gunakan program yang mendukung IMAP4 atau POP3, seperti Mozilla Thunderbird, Outlook Express, maupun Windows Live Mail.
v  Outlook/Entourage   Sambungkan menggunakan Outlook atau Entourage melalui akun Exchange. Program yang mendukung akses akun Exchange meliputi Outlook 2007, Outlook 2010, Outlook 2011 for Mac, dan Entourage 2008 Web Services Edition. Apple Mail 10.6 Snow Leopard dan Apple Mail 10.7 Lion juga mendukung akses akun Exchange. Versi Apple Mail 10.5 Leopard dan versi lebih lama dari Apple Mail menggunakan IMAP4 atau POP3. Outlook 2003 hanya didukung jika Anda menggunakan IMAP4 atau POP3.
v  Ponsel dengan sambungan Internet   Anda dapat tersambung menggunakan Android, BlackBerry, iPhone, iPad, iPod Touch, Nokia (Symbian), Windows Phone, Windows Mobile, atau ponsel dan tablet berkemampuan Internet lainnya.
v  Ponsel lain   Gunakan Outlook Voice Access dengan ponsel lain untuk mengakses e-mail, kalender, dan kontak.
Untuk urusan pekerjaan/kantor biasanya administrator jaringan tidak akan sembarangan menggunakan email gratisan seperti yahoo mail ataupun google mail. Hal ini dikarenakan biasanya ada beberapa rahasia perusahaan dan informasi vital lainnya yang mungkin kurang/tidak perlu diketahui oleh publik. Selain itu kecepatan dan kepastian sampai atau diterimanya sebuah email bagi perusahaan sangat penting nilainya.
Pada artikel pendek ini kita akan mencoba membahas cara singkat dan mudah bagaimana membangun mail server sendiri pada windows (untuk para linux mania silahkan tanya diforum linux). Adapun beberapa syarat yang kita perlukan:
  1. XAMPP/LAMPP/WAMPP/IIS/web-server lainnya.
  2. Microsoft SQL Server/MySQL/PostgreSQL/database lainnya.
  3. NetFramework 2.0
  4. Windows Installer 3.1
Adapun mail server yang akan kita gunakan disini adalah program HMailServer. HMailServer adalah sebuah program simulasi untuk mail server khusus pengguna windows. Program ini gratis jadi gak perlu kuatir dikemudian hari akan terkena masalah lisensi. Kalau kita merasa terbantu dengan program ini kita boleh memberikan kontribusi bantuan berupa donasi  uang atau bantuan lainnya.
Langkah awal sebelum memulai yaitu mendownload NetFramework dan Windows Installer (jika windows tidak update), setelah itu di install kemudian restart komputer.
Langkah berikutnya kita download dan install HMailServer, kemudian kita konfigurasi databasenya. Pada contoh dibawah saya menggunakan database MySQL.
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/database-setup-300x193.jpg
Langkah berikutnya kita download dan install XAMPP/LAMPP/IIS atau web-server yang lainnya. terserah kita sukanya yang mana.
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/xampp-300x255.jpg
Langkah berikutnya kita buka folder default dari HMailServer yaitu \Program Files\HMailServer\PHPWebAdmin kemudian kita cari file dengan nama config-dist.php, kopi file ini kemudian rubah namanya menjadi config.php
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/config-hmail-300x215.jpg
Buka file config.php dengan text editor kesukaan kalian kemudian rubah beberapa bagian yang saya beri tanda
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/config-hmail-2-300x216.jpg
Langkah berikutnya kita perlu membuat alias pada XAMPP agar bisa menuju ke Hmail web administrator. Saya tidak tau defaultnya untuk xampp versi terbaru karena saya menggunakan xampp versi lama. Intinya kalian cari saja sendiri file konfigurasi pada folder xampp yang memiliki konfigurasi alias.
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/httpd-aliases-300x216.jpg
Kemudian tambahkan alias pada file konfigurasi tersebut sesuai dengan keinginan kalian pada bagian yang saya beri tanda.
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/httpd-aliases-2-300x216.jpg
Langkah berikutnya mencoba konfigurasi hmailserver melalui web-server ketikkan alamat ip ditambahkan /hmail (atau lainnya sesuai konfigurasi masing-masing)
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/hmail-300x216.jpg
Kalau sudah biasa manajemen domain maka konfigurasi pada hmailserver akan sangat mudah dipahami dan tidak akan menemui kesulitan.
http://id.istanto.net/wp-content/uploads/2011/07/hmail-21-300x216.jpg















BAB III

PENUTUP

3.1.          Kesimpulan

Email merupakan  sebuah  layanan  pengiriman surat  elektronik yang di kirim melalui internet. Email dikirim dari suatu alamat email yang  terdapat  pada sebuah  mail server kepada alamat email yang lainnya yang terdapat pada mail server yang sama maupun pada mail server yang berbeda. Jadi dengan  adanya  mail server, kita dapat mengirimkan pesanmelalui email yang kita tuju.